Tugas: Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, membina, dan mengevaluasi kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, penyusunan program dan keuangan.

Fungsi:

  1. Pengelolaan urusan surat-menyurat, kearsipan, keprotokolan , rumah tangga, ketertiban, keamanan, penyelenggaraan rapat dan perjalanan dinas
  2. Penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan
  3. Pengelolaan barang inventaris dan perlengkapan
  4. Pengelolaan urusan kepegawaian
  5. Pengelolaan urusan keuangan
  6. Pengelolaan urusan organisasi dan ketatalaksanaan
  7. Pengelolaan urusan kesejahteraan pegawai
  8. Pengoordinasian penyusunan program dan fasilitasi pelaksnaan kegiatan pada Bidang
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas

 

Bidang Sekretariat terbagi dalam 2 subbagian:

  1. Subbagian Keuangan, Umum dan Kepegawaian

Tugas:

  1. Melaksanakan urusan surat-menyurat dan pengetikan
  2. Membuat perencanaan pengadaan barang dan jasa
  3. Menyiapkan penyelenggaraan rapat dan keprotokolan
  4. Melaksanakan tugas-tugas rumah tangga dan keamanan kantor
  5. Mengurus dan mencatat barang inventaris dan perlengkapan kantor
  6. Melaksanakan administrasi kepegawaian meliputi pengumpulan data kepegawaian, cuti, kenaikan pangkat, pensiun
  7. Menyiapkan bahan dalam rangka upaya peningkatan disiplin pegawai
  8. Mengurus kesejahteraan pegawai
  9. Merencanakan pengelolaan arsip
  10. Mengumpulkan dan mengolah bahan untuk menyusun Rencana Kegiatan Anggaran
  11. Menyiapkan anggaran belanja langsung dan belanja tak langsung
  12. Melaksanakan tata usaha keuangan
  13. Memverifikasi dokumen pertanggungjawaban keuangan
  14. Melaksanakan urusan tata usaha perjalanan dinas
  15. Melaksanakan tata usaha gaji pegawai
  16. Menghimpun peraturan mengenai administrasi keuangan dan pelaksanaan anggaran
  17. Menyusun laporan keuangan
  18. Melaksanakan evaluasi dan monitoring anggaran
  19. Mengoordinasikan dan melaksanakan penyusunan program kegiatan
  20. Melaksanakan tugas-tugas dinas lain yang diberikan oleh Sekretaris

Fungsi:

 

  1. Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

Tugas:

  1. Menyiapkan data penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA)
  2. Menganalisa data, menyusun program kegiatan dan rencana kerja (RENJA)
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi program kegiatan
  4. Menginventarisir data hasil kegiatan untuk bahan menyusun laporan hasil kegiatan
  5. Menghimpun data dan menyusun laporan monev hasil renja, penyerapan anggaran (TEPRA), Sistem Informasi Perencanaan Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati
  6. Mengelola dokumen perjanjian kinerja
  7. Mengoordinasikan, menghimpunpelaksanaan penyusunan Standar Pelayanan (SP), Standar Operating Prosedur (SOP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)
  8. Menyiapkan dana untuk Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP)
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris